Apa itu CF dan TF ?

Read Time5 Minutes, 7 Seconds

Belajar SEO – Sebelum mulai, kita akan menyepakati satu hal terlebih dulu. Saya akan mempersingkat Citation Flow (CF) dan Trust Flow (TF) supaya lebih gampang dalam penulisannya, oke?

Cerita tentang CF serta TF diawali waktu Google hentikan up-date dari Google PageRank, satu skema perangkingan web yang dipakai oleh Google sampai kini. Up-date paling akhir dari Google PageRank ini ialah pada tahun 2013 serta banyak pertaruhan berkembang tentang hal itu.

Oke, kita kira saja Google sudah berhenti memakai Google PageRank jadi metrik mengukur kualitas satu web. Tetapi, bagaimana juga Google pasti masih membutuhkan metrik untuk mengukur kualitas satu web kan? Dengan ia sesuatu mesin perayap yang perlu menampilan web paling baik di rangking paling atas.

Semenjak 2013, banyak muncul beberapa metrik baru untuk mengukur kualitas satu web, yang terpopuler sampai sekarang ialah Domain Authority (DA) dan Page Authority (PA). Metrik ini dipandang oleh beberapa blogger serta webmaster ialah metrik yang dipakai oleh Google.

Akhir-akhir ini, ada metrik baru yakni Citation Flow serta Trust Flow. Lalu, metrik mana yang dipakai Google? Saya tidak tahu tentu, tetapi saya pikir makin banyak metrik yang dipakai oleh Google, karena itu hasil penelusuran mereka akan makin tepat.

Oh ya, mungkin banyak yang bertanya-tanya. Google ialah perusahaan raksasa, mengapa mereka tidak meningkatkan metrik baru yang lebih hebat saja? Jawabannya simpel, mungkin Google cuma ingin konsentrasi pada service mereka serta biarkan perusahaan seperti MOZ serta MajesticSEO yang mengatasi metrik untuk mengukur kualitas web.

Berlainan dengan Google PageRank yang populer gampang ‘ditipu’, metrik dari MOZ serta MajesticSEO di up-date tiap beberapa waktu serta tambah lebih tepat dari PageRank yang diupdate tiap beberapa waktu saja.

Saat ini saya akan terangkan ketidaksamaan CF dengan TF.

 

PENGERTIAN CITATION FLOW (CF)

CF adalah ⇒ Satu metrik yang dibuat untuk meramalkan sebegitu ‘dampak’ dari link (halaman) pada suatu web dengan memperhitungkan jumlahnya back-link yang ke arah pada link (halaman) itu. Metrik ini tidak memperdulikan kualitas dari back-link, jadi makin banyak domain yang ke arah pada halaman, karena itu ‘dampak’-nya akan semakin tinggi.

Semua unsur dalam TF adalah unsur yang sama dalam CF. Tetapi, butuh digaris bawahi. Bila TF bertambah, karena itu CF diyakinkan akan bertambah. Tetapi, bila CF bertambah, tidak ada kejelasan jika TF akan naik. Diluar itu, tidak ada ketentuan jika CF akan sama nilainya dengan TF.

 

Butuh dicatat juga jika saat mendapatkan back-link dari beberapa web dengan CF yang tinggi, maka tingkatkan CF yang dipunyai web kita. Tetapi, pertimbangkan juga TF dari web itu. Sebab, mendapatkan back-link dari web dengan CF yang tinggi tetapi TF yang rendah akan memberi efek jelek walaupun masih tingkatkan CF.

 

PENGERTIAN TRUST FLOW (TF)

TF adalah  Satu metrik yang dibuat untuk putuskan sebegitu terpercayakah satu link / halaman. Metrik ini didasarkan pada kualitas back-link yang ke arah pada web itu. Bila mendapatkan satu back-link dari web yang mempunyai authority serta TF yang tinggi, karena itu TF dari web kita akan bertambah.

TF dari sebagian besar web tentulah lebih kecil dari CF-nya. Mengapa?

Satu web, bisa mempunyai 10.000 back-link, tetapi tidak semua mempunyai kualitas yang baik serta yang penting, tidak semua mempunyai TRUST. Sekalinya telah waspada dalam menanam back-link, tetapi tentu akan ada low-quality back-link automatis yang datang dari direktori website atau back-link yang lain.

Secara singkat, lebih kemungkinan kecil untuk memperoleh back-link yang 100% high-quality sekarang. Oleh karena itu, TF mustahil dapat tambah tinggi dari CF pada masalah umum.

Bukti yang lain memberikan ialah jalinan di antara TF dari satu domain dengan jumlahnya organic traffic (lalu lintas / pengunjung yang datang dari mesin perayap). Mengapa ini dapat berlangsung?

Simpel, saat satu web mempunyai TF yang tinggi, karena itu bisa diyakinkan bila web itu mempunyai high-quality back-link dalam jumlahnya yang oke. High-quality back-link berikut yang membuat rangking web itu di Google bertambah serta selanjutnya tingkatkan jumlahnya pengunjung dari mesin perayap.

Atau, secara singkat, TF yang tinggi ialah sinyal bila satu web mempunyai content yang berkualitas untuk Google serta mesin perayap yang lain.

 

RASIO CF dan TF

Rasio antara ke-2 metrik ini dikuasai dari keyakinan web itu secara detail. Contohnya, bila CF : 40 serta TF : 20 karena itu rasionya ialah 2 : 1 atau 0.5. Angka rasio optimal yang sangat mungkin ialah 0.9. Sampai rasio 1 ialah mustahil. Rata-rata rasio CF serta TF dari satu web ialah 0.5.

Google mempunyai satu pengecualian untuk ini ialah rasionya ialah 98 : 99 (serta terus beralih).

 

Nah, bila websitemu mempunyai TF yang benar-benar tambah lebih rendah dari CF, karena itu sangatlah jelas back-link yang ditanam sampai kini ialah low-quality back-link dalam jumlahnya yang banyak sekali.

 

CARA MEMERIKSA TF & CF DARI SEBUAH SITUS WEBSITE

majesticseo

Cukup ke arah web MajesticSEO, input domain serta klik search. Sebetulnya service ini gratis tetapi dibatasi cuma dapat memeriksa beberapa web saja satu hari.

Jalan keluarnya dengan lakukan register, itu juga masih dibatasi. Bila ingin tidak terbatas, user harus membayar beberapa ongkos untuk keanggotaan di MajesticSEO.

 

CARA MENINGKATKAN CITATION FLOW (CF) dan TRUST FLOW (TF)

  1. Tingkatkan TF tambah lebih penting. Untuk melakukan perbaikan kualitas web di mata mesin perayap, TF-lah yang perlu dinaikkan. Karenanya juga, tingkatkan CF ialah sia-sia, selanjutnya bila TF bertambah karena itu CF akan naik. Dalam kata lain, Kualitas menang atas Jumlah.
  2. Bila ada 1000 back-link versus 1 authority back-link, telah jelas authority back-link ialah pemenangnya. Jadi, jangan percuma, tenaga serta ongkos untuk cari back-link dalam jumlahnya beberapa ribu.
  3. Guest Post di Website Auhority salah satu langkah paling baik untuk memperoleh authority back-link dengan gratis. Tetapi, harus dilihat rasio backlinknya bila web masih baru.
  4. MajesticSEO mempunyai algoritma bernama Topical Trust Skor, dalam kata lain, authority back-link yang ke arah satu web semestinya datang dari web dengan tema atau niche yang sama.
  5. Domain .GOV serta .EDU masih adalah sumber authority back-link yang baik, tetapi berharap lihat TF dari web dengan domain .GOV serta .EDU itu.
  6. No-Follow Back-link akan dapat tingkatkan CF dari satu situs tetapi untuk tidak TF-nya.
    Oke, demikian keterangan singkat saya tentang CF serta TF. Masih mungkin banyak kekurangan serta ada yang salah, jadi tolong membantu dikoreksi. Metrik ini masih mungkin termasuk baru diketahui, tetapi lihat dari keakuratannya, saya pribadi meyakini jika metrik ini akan dipakai oleh Google dalam periode waktu lumayan lama.

Karenanya, mulai saat ini, investasikan lebih banyaknya waktu, tenaga serta ongkos untuk cari satu authority back-link dibanding 10.000 back-link dalam sekejap. Oke?

 

Baca juga : “Tips Membeli Expired Domain”

00
0 %
Happy
0 %
Sad
0 %
Excited
0 %
Angry
0 %
Surprise
Posted in: SEO Filed under: ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *