Categories: SEO

Tips Membeli Expired Domain

Read Time6 Minutes, 24 Seconds

Belajar SEO –  Membeli expired domain memang dapat dibilang susah-susah gampang, pada artikel kali ini saya akan membahas tentang tips membeli expired domain yang menguntungkan untuk anda. Banyak blogger yang mencoba membeli expired domain dengan pagerank yang tinggi, namun pada saat google update PRnya jadi kosong atau nol atau bahkan N/A. Memang sebenarnya Google sudah tidak update lagi soal pagerank ini. Dan saya juga tidak terlalu memusingkan soal PR (Page Rank). Bisa jadi Page Rank yang sekarang ini muncul di dalam sebuah website bisa jadi itu bukan PR yang sebenarnya, atau sebuah website yang tidak memiliki page rank bisa jadi PR nya tinggi jika google masih melakukan update PR. Bukan rahasia lagi PR sebenarnya bisa dimanipulasi dengan membuat backlink spam. Jadi saya secara pribadi tidak terlalu memusingkan soal PR nol atau tidak.

DIMANA DAPAT MENCARI EXPIRED DOMAIN

Untuk mencari domain sebenarnya ada banyak cara dan juga dapat melibatkan software yang free ataupun yang berbayar, saya lebih sering menggunakan yang gratisan karena akan jauh lebih hemat meskipun memang sedikit memakan waktu. Berikit ini daftar dimana kita dapat membeli expired domain :

expireddomain.net

GoDaddy Expired Domain atau auctions.godaddy.com

Namecheap Marketplace

Freshdrop.com

Register Compass

Moonsy.com/expired_domains/

Domcop.com/domains

Expire.biz

Tbsolutions.info

PERHATIKAN USIA DOMAIN

Bicara soal usia pasti ada hubungannya dengan pengalaman yang telah dilalui namun apa hubungannya usia dengan domain? Menurut pendapat orang, katanya mesin pencarian lebih menyukai domain yang telah berusia jika dibandingkan dengan domain yang baru sekali dibangun.

Apa Benar?

Hal ini masih jadi pedebatan yang cukup membingungkan sampai sekarang, meskipun seperti ini saya kadang membeli domain yang telah berumur untuk membangun sebuah website affiliate atau backlink yang akan saya pergunakan untuk menambahkan backlink masuk ke dalam website saya, backlink ini akan saya arahkan ke monesite (website utama) saya.

Untuk dapat bisa melihat umur suatu domain kita dapat melihat dari data whois, ada banyak cara sebenarnya, Cuma cara cepat dan tidak ribet yang sering saya pergunakan.

who.is (saya paling suka pakai ini)

whois.domaintools.com (saya juga sering pakai yang ini)

whois.com

whois.net

Caranya gampang saja kita tinggal mendatangi salah satu website diatas lalu kita masukan nama domain atau website yang akan kita check umurnya, lalu klik search. Untuk membantu memudahkan kalian saya akan mencoba membuat video live presentasi nya. Video ini kurang sempurna namun saya berharap semoga video ini dapat sedikit membantu anda.

DOMAIN BEREKSTENSI APA YANG SEBAIKNYA KITA BELI

Tidak ada patokan untuk saya pribadi, terserah kalian saja, karena website / domain ini ingin saya gunakan untuk backlink / membuat PBN, biasanya saya banyak membeli domain yang berekstensi.com, .net, .org, jika ada .info ingat usahakan jangan membeli domain yang menggunakan nama produk, discount, promomo, buy, cheap for sale dan masih banyak yang lainnya. Yang lebih penting lagi jangan membeli domain yang berbau pornografi atau bekas terisi negatif konten.

Usahakan membeli expired domain yang digunakan untuk personal domain, perusahaan atau komunitas tertentu, atau kita dapat membeli domain yang seniche dengan website kita.

APAKAH GOOGLE MASIK DAPAT MENGINDEKS WEBSITE TERSEBUT

Setelah anda menemukan nama domain, sekarang waktunya kita melakukan pengecheckan domain-domain yang telah kita cari tadi. Caranya sangat gampang, anda cukup perlu mengetikkan Site:namadomain.com di google kemudian klik “Enter“. Perhatikan gambar dibawah ini untuk :

PERIKSA METRIKS DOMAIN YANG AKAN ANDA BELI

Metriks apa saja yang akan kita periksa? Nah berikut ini adalah metriks yang akan kita periksa :

  1. DA (Domain Authority) >20
  2. PA (Page Authority) >20
  3. PR (Page Rank) Bebas karena Google sudah tidak update lagi
  4. TF (Trust Flow) >10
  5. CF (Citation Flow) >10
  6. Quality Backlink Website itu 1 – 10
  7. History (Bersih tidak pernah dipakai untuk PBN sebelumnya)
  8. Anchor Text (tidak spam, kalau bisa bervariasi)

Standard yang saya sebutkan diatas mungkin sama dengan standard beberapa orang, namun tidak menutup kemungkinan jika berbeda, tergantung standard yang kalian cari.

Untuk dapat memeriksa metriks diatas anda harus menggunakan beberapa tools online yang gratis saja. Diantaranya seperti :

  • http://www.seoreviewtools.com/website-authority-checker/ Untuk mengecheck DA PA score, dapat menggunakan tools lain atau kita bisa menggunakan MOZ Bar pada Google Extensions.
  • http://www.majesticseo.com/ ⇒ Berfungsi untuk memeriksa TF, CF, dan Backlink Website
  • http://www.cekpr.com/ & http://www.prchecker.info/
  • https://archive.org/ ⇒ untuk memeriksa history sebuah website
  • https://ahrefs.com/ ⇒ untuk mengecek anchor text website yang akan kita beli
  • http://www.openlinkprofiler.org/ ini gratis dan saya sangat suka, kita akan memeriksa backlink dan anchor text

CARA MENGECHECK PAGE RANK DOMAIN

Mengecheck Page Rank kita dapat menggunakan 2 tools gratis yang telah disediakan, mengapa kita harus menggunakan 2 tools online gratis? Karena kadang saat kita mengecheck PR pada website tersebut, terkadang PR nya tidak muncul sedangkan pada website yang lain PR nya muncul. Ini adalah alasan kenapa saya menyarankan anda melakukan pengecheckan PR menggunakan lebih dari 1 tools / website.

Buka situs cekpr.com pastikan anda tidak lupa untuk mencentang pilihan “Show Link Popularity”. Lalu masukan nama website / domain yang akan anda check, dan seperti ini hasil dari CekPR.com.

Buka situs prchecker.info, lalu silahkan anda masukan nama website / domain yang ingin anda check. Dibawah ini adalah contoh dari hasil pengecheckan dari prchecker.info.

Cara selanjutnya adalah kita akan memeriksa DA dan PA. Kita bisa menggunakan tools dari website seoreviewtools.com/website-authority-checker/ kemudian masukan nama domain yang ingin anda check, kemudian tekan perform check, dan setelah itu website akan memunculkan hasilnya.

Cara ke-2 kita bisa menggunakan MOZ Bar Google Extensions. Untuk cara ini anda harus menginstall dulu moz bar pada chrome . Setelah anda install silahkan ketikan nama website yang akan kita check. Nanti moz akan menampilkan hasilnya seperti yang terlihat pada gambar ini.

MENGECHECK BACKLINK DOMAIN TERSEBUT

Hal selanjutnya adalah kita akan emmeriksa backlink pada domain yang akan kita beli, caranya sangat mudah, kita hanya perlu menggunakan tools dari ahrefs. Jika kita menggunakan / register di situs ini maka kita akan dapat menggunakan tools ini dengan banyak domain namun meskipun demikian tetap memiliki batasan yang diberikan. Kalau kamu ingin memeriksa banyak domain silahkan menggunakan fitur berbayar di ahrefs. Untuk harnyanya kalian bisa langsung check di situs ahrefs.

Silahkan masuk ke situs ahrefs lalu masukan nama domain yang akan kita check. Lalu tekan enter atau search, maka nanti website ini akan menampilkan informasi yang kita butuhkan seperti yang ditampilkan pada dalam gambar dibawah ini :

Kita juga dapat memeriksa backlink pada website openlinkprofiler, karena bisa jadi ada backlink yang dapat dibaca pada tools yang 1 namun tidak terbaca pada tools yang ke-2. Jadi kalau bisa anda menggunakan beberapa tools untuk mengecheck backlink website.

PERIKSA TF DAN CF SEBUAH DOMAIN

Selanjutnya yang juga tidak kalah penting adalah kita harus melakukan pengecheckan TF dan CF domain yang akan kita beli. Saya dan teman saya amat sangat memperhatikan ke-2 metriks ini. Karena ke-2 metriks ini sangat tidak mudah untuk dimanipulasi khsuus nya pada metrik TF.

Catatan ⇒ Kalau sebuah domain emmiliki Trust Flow yang minim kemungkinan besar ada 2 alasan yang bisa kita dapatkan :

  1. Bisa saja domain yang akan kita beli tersebut memiliki banyak sekali backlink namun backlink yang diperoleh kurang dapat dipercaya atau bisa jadi
  2. Domain yang akan kita beli ini belum memiliki backlink

Namun jika TF dan CF sebuah domain kecil jika domain itu se-niche dengan moneysite anda saya sarankan anda beli saja domain tersebut.

PERIKSA HISTORY DOMAIN

Berikutnya yang juga harus menjadi perhatian kita adalah kita harus memeriksa sejarah domain ini di archive.org. Perhatikan apakah domain ini sebelumnya pernah dipakai untuk autoblog atau pernah digunakan untuk PBN website lain atau tidak, Jika iya kami sarankan anda untuk tidak membeli domain tersebut.

Setelah semua sudah selesai kita check maka langkah selanjutnya adalah kita tinggal membeli domain itu dan mebangun domain tersebut menjadi blog dan mulai menanamkan backlink untuk moneysite kita. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk kalian.

0 0
0 0 %
Happy
0 0 %
Sad
0 0 %
Excited
0 0 %
Angry
0 0 %
Surprise
admin

Recent Posts

Bagaimana Cara Membuat Account Facebook ADS?

Digital Marketing - Bagaimana cara membuat account facebook ads, kali ini saya akan membahas perihal materi tersebut dan mengajarkan kepada…

4 days ago

Kamu Harus Tahu! Penyebab Account Google Adsense di Suspend/Banned oleh Google

Belajar SEO -  Kesempatan ini saya akan share sedikit mengenai penyebab account Google Adsense terutamanya yang di suspend/banned. Sebelum kita…

2 weeks ago

Cara Merubah Link URLs Menjadi Kode QR

Belajar SEO - Kode QR atau yang dapat disebutkan dengan kode QR adalah tehnologi evolusi dari barcode atau yang disebutkan…

2 weeks ago

Cara Mendaftar dan Memasang Iklan Di Google Ads

Belajar SEO - Kesempatan ini saya akan bagi cara mendaftar dan memasang iklan di google ads pada umumnya, tetapi cukup…

3 weeks ago

4 Jenis Affiliate Marketing Paling Populer

Belajar SEO - Beberapa orang berasumsi jika program affiliate marketing cuma meliputi program Pay Per Sale (PPS) yakni memperoleh komisi saat…

3 weeks ago

Affiliate Marketing Adalah ?

Belajar SEO - Salah satunya mode usaha yang terkenal di dunia internet marketing atau usaha di internet ialah affiliate marketing.…

3 weeks ago

This website uses cookies.